Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Prabumulih

Authors

  • Tia Adelia Universitas PGRI Palembang
  • Taty Fauzi Universitas PGRI Palembang
  • Arizona Arizona Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5153

Keywords:

Gadget, Smartphone, Konsentrasi Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa yang tidak fokus pada saat jam pelajaran berlangsung, siswa lebih tertarik untuk menggunakan gadget (smartphone) mereka. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahamaman penggunaan gadget secara bijak oleh siswa sehingga menyebabkan konsentrasi belajar pada siswa menjadi terbagi pada gadget (smartphone) yang sedang mereka gunakan. Tujuanadari Penelitian iniauntuk mengetahuiaapakahaadaapengaruhapenggunaan gadgetaterhadap konsentrasiabelajarasiswa di SMA Negeri 6 Prabumulih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, data yang didapatkan berasal dari angket yang disebarkan kepada responden (siswa) kelas XI IPA 1 dan siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah sampel 42 orang siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan jumlah sampel setiap kelas menggunakan rumus Propotional Random Sampling. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Prabumulih dengan  thitung= 8,63 > ttabel= 1,68385 dengan koefisien determinasi pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar sebesar 67% dan 33% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.

References

Anggraeni, Aisyah. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn dan Hukum, vol. 13 (1), hal. 66.

Audit, dan Sistem Informasi Akuntansi, vol. 3 (1), hal. 5.

Daeng, dkk. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Jurnal Acta Diurna Komunikasi Vol 6 No 1.

Ikawati.(2016). aUpayaaMeningkatkanaKonsentrasi BelajaraSiswaa KMSa (KartuaMenuju Sejahtera)aMenggunakanaaKonseling KelompokabagiaSiswa. jurna: PSIKOPEDAGOGIA. Vol.5, No.1.

Ismail, Fitriani Farida dan Sumardani. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada.Jurnal Akuntansi,

Manumpil, et al. (2015).Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) Vol. 3 (2), hal. 1.

Nuryana, Purwanto. (2010). Efektivitas Brain GYM dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak.jurnal: Ilmiah Berkala Psikologi Vol. 12, No. 1,

Rahayu Susiati. (2017). PengaruhaPenggunaan Smartphonea TerhadapaPemenuhan InformasiaMahasiswa ProdiaS1aIlmu PerpustakaanaFakultas Adabadan Humaniora Uin Ar-RaniryaAngkatan 2015.Skripsi: universitasaIslamaNegeri Ar-RaniryaDarussalam - BandaaAceh. Hal 10.aa

Setiani Amalia Cahya. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 2 Karangcegak, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Negeri Semarang.Hal 17.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Nur Inayati. (2016). Teknologi Dan Perilaku Sosial Pelajar (Studi Tentang Dampak Penggunaan Smartphone Di Sma Negeri 3 Makassar). Jurnal “Gema Kampus†Ilmu Administrasi, Vol. XI.

Witarsa Ramdhan, dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.Jurnal PEDAGOGIK. Vol. VI, No. 1.

Taty Fauzi, Melinda P. (2020). Analisis Terhadap Permainan Gadget Anak Usia Balita Dan Upaya Mengurangi Dampak Yang Ditimbulkan Melalui Cerita Pada Anak-anak PAUD Di SU Palembang.

Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana: Jakarta.

Zahrah.a(2018). PengaruhaElectronicaWorda Of Moutha Terhadapa Keputusana Pembeliana Onlinea Padaa Produk Fesyena Dia Shopee. Skripsi: Universitas PendidikanaIndonesia, hal. 33.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Adelia, T., Fauzi, T., & Arizona, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Prabumulih. Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 35–45. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5153