Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Prabumulih
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5153Keywords:
Gadget, Smartphone, Konsentrasi BelajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya siswa yang tidak fokus pada saat jam pelajaran berlangsung, siswa lebih tertarik untuk menggunakan gadget (smartphone) mereka. Hal ini terjadi karena kurangnya pemahamaman penggunaan gadget secara bijak oleh siswa sehingga menyebabkan konsentrasi belajar pada siswa menjadi terbagi pada gadget (smartphone) yang sedang mereka gunakan. Tujuanadari Penelitian iniauntuk mengetahuiaapakahaadaapengaruhapenggunaan gadgetaterhadap konsentrasiabelajarasiswa di SMA Negeri 6 Prabumulih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif, data yang didapatkan berasal dari angket yang disebarkan kepada responden (siswa) kelas XI IPA 1 dan siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah sampel 42 orang siswa dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan pengambilan jumlah sampel setiap kelas menggunakan rumus Propotional Random Sampling. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa di SMA Negeri 6 Prabumulih dengan  thitung= 8,63 > ttabel= 1,68385 dengan koefisien determinasi pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar sebesar 67% dan 33% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini.
References
Anggraeni, Aisyah. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA. Jurnal PPKn dan Hukum, vol. 13 (1), hal. 66.
Audit, dan Sistem Informasi Akuntansi, vol. 3 (1), hal. 5.
Daeng, dkk. (2017). Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. Jurnal Acta Diurna Komunikasi Vol 6 No 1.
Ikawati.(2016). aUpayaaMeningkatkanaKonsentrasi BelajaraSiswaa KMSa (KartuaMenuju Sejahtera)aMenggunakanaaKonseling KelompokabagiaSiswa. jurna: PSIKOPEDAGOGIA. Vol.5, No.1.
Ismail, Fitriani Farida dan Sumardani. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan PT. Beton Elemen Persada.Jurnal Akuntansi,
Manumpil, et al. (2015).Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) Vol. 3 (2), hal. 1.
Nuryana, Purwanto. (2010). Efektivitas Brain GYM dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak.jurnal: Ilmiah Berkala Psikologi Vol. 12, No. 1,
Rahayu Susiati. (2017). PengaruhaPenggunaan Smartphonea TerhadapaPemenuhan InformasiaMahasiswa ProdiaS1aIlmu PerpustakaanaFakultas Adabadan Humaniora Uin Ar-RaniryaAngkatan 2015.Skripsi: universitasaIslamaNegeri Ar-RaniryaDarussalam - BandaaAceh. Hal 10.aa
Setiani Amalia Cahya. (2014). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 2 Karangcegak, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Negeri Semarang.Hal 17.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Nur Inayati. (2016). Teknologi Dan Perilaku Sosial Pelajar (Studi Tentang Dampak Penggunaan Smartphone Di Sma Negeri 3 Makassar). Jurnal “Gema Kampus†Ilmu Administrasi, Vol. XI.
Witarsa Ramdhan, dkk. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.Jurnal PEDAGOGIK. Vol. VI, No. 1.
Taty Fauzi, Melinda P. (2020). Analisis Terhadap Permainan Gadget Anak Usia Balita Dan Upaya Mengurangi Dampak Yang Ditimbulkan Melalui Cerita Pada Anak-anak PAUD Di SU Palembang.
Yusuf, Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana: Jakarta.
Zahrah.a(2018). PengaruhaElectronicaWorda Of Moutha Terhadapa Keputusana Pembeliana Onlinea Padaa Produk Fesyena Dia Shopee. Skripsi: Universitas PendidikanaIndonesia, hal. 33.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.