Meningkatkan Aspirasi Karier di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5203Abstract
Aspirasi karier merupakan cita- cita, harapan dan keinginan yang realistis untuk meraih prestasi yang cemerlang di masa depan. Setiap siswa pasti menginginkan yang cemerlang. Namun, kebanyakan siswa gagal dalam mempersiapkan kariernya. Fenomena yang terjadi di lapangan menggambarkan banyak siswa yang memiliki aspirasi karier yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah menemukan layanan- bimbingan layanan dan konseling yang efektif dalam meningkatkan aspirasi karier. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik menggunakan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis isi yaitu memilih, membandingkan, menggabungkan berbagai referensi yang relevan. Guru BK atau konselor sebagai alternatif untuk memberikan berbagai layanan yang harus dilaksanakan dalam mengatasi berbagai hambatan karier.
References
Adharsyah, T. (2019). Jangan Salah Pilih Kuliah, Ini Pekerjaan yang Tren di Era 4.0. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20190321182918-4-62193/jangan-salah-pilih-kuliah-ini-pekerjaan-yang-tren-di-era-40
Afdal. (2011). Pelayanan Konseling untuk Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Nasional. Seminar Nasional Profesi Bimbingan Dan Konseling Di Padang.
Ari, U. (2019). Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Aspirasi dan Efikasi Karir Siswa Kelas XI TBSM SMK Al Falah Winong Pati. In Pascasarjana, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Semarang.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Citradi, T. (2019, November). Miris! Tingkat Pengangguran Terbuka Lulusan SMK Paling Tinggi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20191105151115-4-112837/miris-tingkat-pengangguran-terbuka-lulusan-smk-paling-tinggi
Ekasari, D. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).
Fandini, hario, S., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Adobe Flash Sebagai Media Layanan Informasi Peminatan Studi Lanjut Sma Dan Sederajat Untuk Siswa Kelas IX SMPN 5 Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal- bk-unesa/article/view/22735
Febriani, R. D., Yusuf, A. M., & Iswari, M. (2016). Perbedaan Aspirasi Karier Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan, dan Tingkat Pendidikan Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 160. https://doi.org/10.24036/02016536552-0-00
Franita, R. (2016). Analisa Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 88–93. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/viewFile/97/97
Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 08(01), 68–73.
Hayati, I. N. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Aspirasi Karir Siswa SMA Negeri 7 Pekanbaru. Universitas Negeri Semarang.
Jalil, A., M, F., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi (Covid-19). 2(2), 45–60.
Kusbandiami, Dimas Ardika Miftah Farid, N. N. (2018). Pengaruh Teknik Informasi dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas IX MTS Hasanuddin Sidoarjo. Jurnal HELPER, 35(2), 5–11.
Latif, A., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesipan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29. https://doi.org/10.24036/02017616535-0-00
Marimbun, M. (2019). Minat Membaca dan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.32505/ENLIGHTEN.V2I2.1361
Maulana, R., & Hidayati, N. W. (2017). Pemberian Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Kesiapan Karier Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 198–205.
Neuendorf, K. (2016). The Content Analysis Guidebook. Cleveland State University.
Olfakhrina, O., Syahniar, S., & Nirwana, H. (2014). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Menyiapkan Mental Siswa Menghadapi Ujian Nasional. Konselor, 3(2), 67. https://doi.org/10.24036/02014323231-0-00
Pambudi, P. R., Muslihati, M., & Lasan, B. B. (2020). Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 28–33. https://doi.org/10.21067/jki.v5i1.4041
Pratiwi, G. R. & Y. (2020). Self Regulated Learning Dan Konsep Diri Sebagai Prediktor Aspirasi Karier Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(1).
Prayitno. (2004). Seri layanan konseling. FIP UNP.
Prayitno. (2012). Jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling. Padang: Program PPK FIP UNP.
Putra, D. A. (2020, November). Data BPS: Jumlah Pengangguran Bertambah 2,67 Juta Orang. Merdeka. Com. https://www.merdeka.com/uang/data-bps-jumlah-pengangguran-bertambah-267-juta-orang.html
Rahman, A. J., & Moesarofah. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Pohon Karier Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPA 1 MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. 130–136.
Ramadhani, E. (2017). Efektivitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Aspirasi Karier Siswa. Wahana Didaktika, 15(2), 57–66.
Ramadhani, E. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Discovery Learning dalam Meningkatkan Aspirasi Karier Siswa. Expanding of Counseling Services; World Views, Violence and Sexual Abuse Victims, 356.
Romlah, T. (2001). Teori dan praktek bimbingan dan konseling. Universitas Negeri Malang.
Sabarguna, B. S. (2005). Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. UI Press.
Suwanto, I. (2018). Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karir Siswa Smk Negeri 2 Singkawang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 3(1), 27–30.
Syaibani, R. (2012). Studi Kepustakaan. http://repository.usu.ac.id/bitstream, diakses 14 Juni 2020
Tim Penyusun Panduan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, D. S. M. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). http://eprints.uny.ac.id/54129/1/1. PANDUAN BK SD 2016%2CDITJEN GTK revisi final 21 Des 2016.pdf
Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). PT Raja Grafindo Persada.
Ulya, F. N. (2019, November 15). BPS: Pengangguran Meningkat, Lulusan SMK Mendominasi. KOMPAS.Com. https://money.kompas.com/read/2019/11/05/155358926/bps-pengangguran-meningkat-lulusan-smk-mendominasi
Widiastuti, N. (2017). Aspirasi Karier Siswa SMA Berdasarkan Status Sosial Ekonomi dan Gender. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 109–128. https://doi.org/10.30653/001.201712.9
Widowati, U. S. (2016). Pengembangan Media Kartu Bergambar Perencanaan Karier Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Proppo Pamekasan. 53–59.
Zulaidi, R. Syahniar, Syukur, Y. (2017). Efektivitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa. The Responsibility of Counselor and Educator in Mellennium Era. http://repository.unp.ac.id/11226/1/RIZKA ZULAIDI-SYAHNIAR-YARMIS SYUKUR.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.