Meningkatkan Aspirasi Karier di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling

Authors

  • Marimbun Marimbun IAIN Langsa

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5203

Abstract

Aspirasi karier merupakan cita- cita, harapan dan keinginan yang realistis untuk meraih prestasi yang cemerlang di masa depan. Setiap siswa pasti menginginkan yang cemerlang. Namun, kebanyakan siswa gagal dalam mempersiapkan kariernya. Fenomena yang terjadi di lapangan menggambarkan banyak siswa yang memiliki aspirasi karier yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah menemukan layanan- bimbingan layanan dan konseling yang efektif dalam meningkatkan aspirasi karier. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik menggunakan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis isi yaitu memilih, membandingkan, menggabungkan berbagai referensi yang relevan. Guru BK atau konselor sebagai alternatif untuk memberikan berbagai layanan yang harus dilaksanakan dalam mengatasi berbagai hambatan karier.

References

Adharsyah, T. (2019). Jangan Salah Pilih Kuliah, Ini Pekerjaan yang Tren di Era 4.0. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20190321182918-4-62193/jangan-salah-pilih-kuliah-ini-pekerjaan-yang-tren-di-era-40

Afdal. (2011). Pelayanan Konseling untuk Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Nasional. Seminar Nasional Profesi Bimbingan Dan Konseling Di Padang.

Ari, U. (2019). Keefektifan Konseling Kelompok Teknik Self Talk untuk Meningkatkan Aspirasi dan Efikasi Karir Siswa Kelas XI TBSM SMK Al Falah Winong Pati. In Pascasarjana, Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Citradi, T. (2019, November). Miris! Tingkat Pengangguran Terbuka Lulusan SMK Paling Tinggi. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20191105151115-4-112837/miris-tingkat-pengangguran-terbuka-lulusan-smk-paling-tinggi

Ekasari, D. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Pemahaman Dalam Perencanaan Karir Siswa Sma. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(1).

Fandini, hario, S., & Purwoko, B. (2018). Pengembangan Adobe Flash Sebagai Media Layanan Informasi Peminatan Studi Lanjut Sma Dan Sederajat Untuk Siswa Kelas IX SMPN 5 Sidoarjo. Jurnal BK Unesa, 8(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal- bk-unesa/article/view/22735

Febriani, R. D., Yusuf, A. M., & Iswari, M. (2016). Perbedaan Aspirasi Karier Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan, dan Tingkat Pendidikan Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 160. https://doi.org/10.24036/02016536552-0-00

Franita, R. (2016). Analisa Pengangguran Di Indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 88–93. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/viewFile/97/97

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, 08(01), 68–73.

Hayati, I. N. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Konseling Kelompok Teknik Self Instruction Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Dan Aspirasi Karir Siswa SMA Negeri 7 Pekanbaru. Universitas Negeri Semarang.

Jalil, A., M, F., & Kasnelly, S. (2020). Meningkatnya Angka Pengangguran Di Tengah Pandemi (Covid-19). 2(2), 45–60.

Kusbandiami, Dimas Ardika Miftah Farid, N. N. (2018). Pengaruh Teknik Informasi dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas IX MTS Hasanuddin Sidoarjo. Jurnal HELPER, 35(2), 5–11.

Latif, A., Yusuf, A. M., & Efendi, Z. M. (2017). Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesipan Kerja Mahasiswa. Konselor, 6(1), 29. https://doi.org/10.24036/02017616535-0-00

Marimbun, M. (2019). Minat Membaca dan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 74–84. https://doi.org/10.32505/ENLIGHTEN.V2I2.1361

Maulana, R., & Hidayati, N. W. (2017). Pemberian Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Kesiapan Karier Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(2), 198–205.

Neuendorf, K. (2016). The Content Analysis Guidebook. Cleveland State University.

Olfakhrina, O., Syahniar, S., & Nirwana, H. (2014). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Menyiapkan Mental Siswa Menghadapi Ujian Nasional. Konselor, 3(2), 67. https://doi.org/10.24036/02014323231-0-00

Pambudi, P. R., Muslihati, M., & Lasan, B. B. (2020). Strategi untuk Membantu Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa di Era Revolusi Industri 4.0. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 28–33. https://doi.org/10.21067/jki.v5i1.4041

Pratiwi, G. R. & Y. (2020). Self Regulated Learning Dan Konsep Diri Sebagai Prediktor Aspirasi Karier Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(1).

Prayitno. (2004). Seri layanan konseling. FIP UNP.

Prayitno. (2012). Jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling. Padang: Program PPK FIP UNP.

Putra, D. A. (2020, November). Data BPS: Jumlah Pengangguran Bertambah 2,67 Juta Orang. Merdeka. Com. https://www.merdeka.com/uang/data-bps-jumlah-pengangguran-bertambah-267-juta-orang.html

Rahman, A. J., & Moesarofah. (2020). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Media Pohon Karier Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI IPA 1 MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. 130–136.

Ramadhani, E. (2017). Efektivitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Aspirasi Karier Siswa. Wahana Didaktika, 15(2), 57–66.

Ramadhani, E. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Discovery Learning dalam Meningkatkan Aspirasi Karier Siswa. Expanding of Counseling Services; World Views, Violence and Sexual Abuse Victims, 356.

Romlah, T. (2001). Teori dan praktek bimbingan dan konseling. Universitas Negeri Malang.

Sabarguna, B. S. (2005). Analisis Data pada Penelitian Kualitatif. UI Press.

Suwanto, I. (2018). Teknik Self Management Terhadap Kematangan Karir Siswa Smk Negeri 2 Singkawang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 3(1), 27–30.

Syaibani, R. (2012). Studi Kepustakaan. http://repository.usu.ac.id/bitstream, diakses 14 Juni 2020

Tim Penyusun Panduan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, D. S. M. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). http://eprints.uny.ac.id/54129/1/1. PANDUAN BK SD 2016%2CDITJEN GTK revisi final 21 Des 2016.pdf

Tohirin. (2008). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). PT Raja Grafindo Persada.

Ulya, F. N. (2019, November 15). BPS: Pengangguran Meningkat, Lulusan SMK Mendominasi. KOMPAS.Com. https://money.kompas.com/read/2019/11/05/155358926/bps-pengangguran-meningkat-lulusan-smk-mendominasi

Widiastuti, N. (2017). Aspirasi Karier Siswa SMA Berdasarkan Status Sosial Ekonomi dan Gender. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 109–128. https://doi.org/10.30653/001.201712.9

Widowati, U. S. (2016). Pengembangan Media Kartu Bergambar Perencanaan Karier Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Proppo Pamekasan. 53–59.

Zulaidi, R. Syahniar, Syukur, Y. (2017). Efektivitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Perencanaan Karier Siswa. The Responsibility of Counselor and Educator in Mellennium Era. http://repository.unp.ac.id/11226/1/RIZKA ZULAIDI-SYAHNIAR-YARMIS SYUKUR.pdf

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Marimbun, M. (2021). Meningkatkan Aspirasi Karier di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Wahana Konseling, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.31851/juang.v4i1.5203