Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Literatur Review

Authors

  • Bilqis Rahmanda Hakim UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sri Mastutik SMA A. WAHID HASYIM Tebuireng

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.5205

Keywords:

Konseling Realitas, Motivasi

Abstract

 

Motivasi belajar siswa merupakan hal yang sangat diperlukan sehingga siswa mudah dalam  menangkap infomasi atau pelajaran yang diberikan oleh pengajar atau guru. Motivasi merupakan respon dari suatu aksi, motivasi akan terangsang dengan adanya tujuan. Terdapat banyak pendekatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar, salah satunya adalah pendekatan realitas. Pendekatan realitas sendiri bertujuan untuk membantu individu menjadi rasional dan memiliki mental yang kuat. Riset ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling dengan pendekatan realitas untuk meningkatkan motivasi belajar. Riset ini merupakan literatur review atau riset literature dimana peneliti mengkaji beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang sesuai dengan tema penelitian kali ini.

References

Atin, S. W. F. (Universitas H. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi Pada Siswa Kelas VII MTS NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Siti Wahida Fitri Atin Universitas Hamzanwadi Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh. Jurnal Konseling Pendidikan.

Corey, G. (2013). Thoery and practice of counselling and psycotherapy (ninth edit). American board of professional psyvhology. https://katewalkertraining.com/wp-content/uploads/2019/03/9th-ed-Gerald-Corey-Theory-and-Practice-of-Counseling-and-Psychotherapy-Brooks-Cole-2012.pdf

Daud, A. (UIN S. U. (2013). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas Ali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Atin, S. W. F. (Universitas H. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi Pada Siswa Kelas VII MTS NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Siti Wahida Fitri Atin Universitas Hamzanwadi Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh. Jurnal Konseling Pendidikan.

Corey, G. 2013. Thoery and practice of counselling and psycotherapy (ninth edit). American board of professional psyvhology. https://katewalkertraining.com/wp-content/uploads/2019/03/9th-ed-Gerald-Corey-Theory-and-Practice-of-Counseling-and-Psychotherapy-Brooks-Cole-2012.pdf

Daud, A. (UIN S. U. (2013). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas Ali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dewi, Putu Eka Krisna., dkk. 2013. Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi pasa siswa kelas X di SMAN 1 Sawan tahun ajaran 2012-2013. 1–15.

Elsye Irianti. 2020. Upaya peningkatan motivasi belajar melalui pendekatan realitas pada siswa kelas IX F MTsN 5 Demak. Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Failasufah. 2015. Efektivitas konseling kelompok realit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (Studi Eksperimen pada Siswa MAN Yogyakarta III). Efektivitas Konseling ISSN 2442-8809, 1(2).

Fiah, R. El, & Anggralisa, I. 2015. Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat T.P 2015/2016. Jurnal Konseli BK Tarbiyah UIN RIL, Vol 2(1), 43–56.

Ginting, R. L. R. (Jurusan P. F. U. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap Positif Siswa Melalui Konseling Individu Dengan Teknik Realitas di Kelas V SDN 075046 Lolofitu. Jurnal Psikologi Konseling, 10(1), 1–10.

Halawati, F. (Universitas I. (2017). Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia Pengaruh kecenderungan otak kanan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2541-0849, 2(10), 57–73. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/245

Mutawally. 2020. Kajian pengantar tentang konsep aplikasi dan tantangan. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 2(2), 1689–1699.

Purwanita, N. W. H., Dantes, N., & Setuti, N. M. 2013. Penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar di kelas VII C SMPN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Kejuruan, 8(1), 40–50. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/908/778

Putri, N. S. 2019. Konseling Kelompok dengan Terapi Realita dalam Menurunkan Prokrastinasi Akademik. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1), 49–56. https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.4195

Rahman, D. H. 2015. Keefektifan teknik metafora dalam bingkai konseling realitas untuk meningkatkan harga diri siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 47–53. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Rodiah. 2006. Penerapan Strategi Pembelajaran Otentik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd Negeri 008 Bumi Ayu. 131–136.

Rosida, U. A. 2017. Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP. 5(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium

Solichah, Novia (Fakultas Psikologi, U. M. M. I. M. 2019. Konseling Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Penelitian Psikologi, 10(2), 12. https://doi.org/DOI: http://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.346

Stevani. 2016. Analisis disiplin kerja guru dan motivasi beljara terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 8 Padang. 2302 - 1590 E-ISSN: 2460 – 190X, 4(1), 102–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.625 Abstract

Suciana, D., & Rozali, Y. A. 2014. Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2), 43–47. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/2398

Tayibu, Khaerun Nisa’a. Mahmud, Amrullah. 2019. Pengaruh motivasi belajar terhadap ketuntasan belajar sains melalui pelaksanaan program pembelajaran retrieval remedial murid SD di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar P-ISSN: 2620-5246 Dan e-ISSN: 2620-6307, 1(2), 326–330. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas

Wahyudi. (n.d.). Analisis kontribusi sikap ilmiah, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prpodi pendidikan fisika STKIP PGRI Pontianak. Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2).

Wibowo, Alex Harie (Pascasarjana FKIP UNS), Sunardi (Pascasarjana FKIP UNS), M. (Pascasarjana F. U. 2014. Hubungan Antara Motivasi Dan Disiplin Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. 2354-6441, 2(3), 323–332. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Winarni, M. A. 2017. Efektivitas Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Tempel. Efektivitas Konseling Realitas.

Zamsir, D. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Hakim, B. R., Muhid, A., & Mastutik, S. (2020). Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Literatur Review. Jurnal Wahana Konseling, 3(2), 69–79. https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.5205