Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.5205Keywords:
Konseling Realitas, MotivasiAbstract
Â
Motivasi belajar siswa merupakan hal yang sangat diperlukan sehingga siswa mudah dalam menangkap infomasi atau pelajaran yang diberikan oleh pengajar atau guru. Motivasi merupakan respon dari suatu aksi, motivasi akan terangsang dengan adanya tujuan. Terdapat banyak pendekatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar, salah satunya adalah pendekatan realitas. Pendekatan realitas sendiri bertujuan untuk membantu individu menjadi rasional dan memiliki mental yang kuat. Riset ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling dengan pendekatan realitas untuk meningkatkan motivasi belajar. Riset ini merupakan literatur review atau riset literature dimana peneliti mengkaji beberapa penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya yang sesuai dengan tema penelitian kali ini.
References
Atin, S. W. F. (Universitas H. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi Pada Siswa Kelas VII MTS NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Siti Wahida Fitri Atin Universitas Hamzanwadi Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh. Jurnal Konseling Pendidikan.
Corey, G. (2013). Thoery and practice of counselling and psycotherapy (ninth edit). American board of professional psyvhology. https://katewalkertraining.com/wp-content/uploads/2019/03/9th-ed-Gerald-Corey-Theory-and-Practice-of-Counseling-and-Psychotherapy-Brooks-Cole-2012.pdf
Daud, A. (UIN S. U. (2013). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas Ali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Atin, S. W. F. (Universitas H. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Realitas Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi Pada Siswa Kelas VII MTS NW Tanak Maik Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Siti Wahida Fitri Atin Universitas Hamzanwadi Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh. Jurnal Konseling Pendidikan.
Corey, G. 2013. Thoery and practice of counselling and psycotherapy (ninth edit). American board of professional psyvhology. https://katewalkertraining.com/wp-content/uploads/2019/03/9th-ed-Gerald-Corey-Theory-and-Practice-of-Counseling-and-Psychotherapy-Brooks-Cole-2012.pdf
Daud, A. (UIN S. U. (2013). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas Ali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dewi, Putu Eka Krisna., dkk. 2013. Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar ekonomi pasa siswa kelas X di SMAN 1 Sawan tahun ajaran 2012-2013. 1–15.
Elsye Irianti. 2020. Upaya peningkatan motivasi belajar melalui pendekatan realitas pada siswa kelas IX F MTsN 5 Demak. Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Failasufah. 2015. Efektivitas konseling kelompok realit untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (Studi Eksperimen pada Siswa MAN Yogyakarta III). Efektivitas Konseling ISSN 2442-8809, 1(2).
Fiah, R. El, & Anggralisa, I. 2015. Efekitvitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Kesulitan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X MAN Krui Lampung Barat T.P 2015/2016. Jurnal Konseli BK Tarbiyah UIN RIL, Vol 2(1), 43–56.
Ginting, R. L. R. (Jurusan P. F. U. 2017. Upaya Meningkatkan Sikap Positif Siswa Melalui Konseling Individu Dengan Teknik Realitas di Kelas V SDN 075046 Lolofitu. Jurnal Psikologi Konseling, 10(1), 1–10.
Halawati, F. (Universitas I. (2017). Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia Pengaruh kecenderungan otak kanan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. 2541-0849, 2(10), 57–73. http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/245
Mutawally. 2020. Kajian pengantar tentang konsep aplikasi dan tantangan. Persepsi Masyarakat Terhadap Perawatan Ortodontik Yang Dilakukan Oleh Pihak Non Profesional, 2(2), 1689–1699.
Purwanita, N. W. H., Dantes, N., & Setuti, N. M. 2013. Penerapan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang mengalami kesulitan belajar di kelas VII C SMPN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Kejuruan, 8(1), 40–50. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/viewFile/908/778
Putri, N. S. 2019. Konseling Kelompok dengan Terapi Realita dalam Menurunkan Prokrastinasi Akademik. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1), 49–56. https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.4195
Rahman, D. H. 2015. Keefektifan teknik metafora dalam bingkai konseling realitas untuk meningkatkan harga diri siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 47–53. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Rodiah. 2006. Penerapan Strategi Pembelajaran Otentik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd Negeri 008 Bumi Ayu. 131–136.
Rosida, U. A. 2017. Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMP. 5(1). http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/counsilium
Solichah, Novia (Fakultas Psikologi, U. M. M. I. M. 2019. Konseling Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Penelitian Psikologi, 10(2), 12. https://doi.org/DOI: http://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.346
Stevani. 2016. Analisis disiplin kerja guru dan motivasi beljara terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 8 Padang. 2302 - 1590 E-ISSN: 2460 – 190X, 4(1), 102–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/economica.2015.v4.i1.625 Abstract
Suciana, D., & Rozali, Y. A. 2014. Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Belajar pada Mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 12(2), 43–47. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/2398
Tayibu, Khaerun Nisa’a. Mahmud, Amrullah. 2019. Pengaruh motivasi belajar terhadap ketuntasan belajar sains melalui pelaksanaan program pembelajaran retrieval remedial murid SD di Kota Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar P-ISSN: 2620-5246 Dan e-ISSN: 2620-6307, 1(2), 326–330. http://journal.stkip-andi-matappa.ac.id/index.php/dikdas
Wahyudi. (n.d.). Analisis kontribusi sikap ilmiah, motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa prpodi pendidikan fisika STKIP PGRI Pontianak. Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2).
Wibowo, Alex Harie (Pascasarjana FKIP UNS), Sunardi (Pascasarjana FKIP UNS), M. (Pascasarjana F. U. 2014. Hubungan Antara Motivasi Dan Disiplin Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013. 2354-6441, 2(3), 323–332. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Winarni, M. A. 2017. Efektivitas Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Tempel. Efektivitas Konseling Realitas.
Zamsir, D. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.