Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.6733Keywords:
Pola Asuh Orang Tua, Pengetahuan Pendidikan SeksAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel pola asuh orang tua dengan variabel pemahaman pengetahuan pendidikan seks pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa. Dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (X) adalah pola asuh orang tua dan variabel terikat (Y) adalah pengetahuan pendidikan seks.Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan populasi adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa sebanyak 216 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket/kuisioner menggunakan teknik analisis data Coefficient Contingency berbantuan program IBM Statistic SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel Pola Asuh (X) dengan variabel pengetahuan pendidikan seks (Y) diperoleh signifikansi sebesar 0,038 < 0,05 dengan koefisien korelasi yang menunjukan angka 8,405** . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan pengetahuan pendidikan seks pada anak kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa.
References
Arifin Andi Agustan dan Dewi Mufidatul Ummah. 2018. Pengaruh Pola Asuh
Orangtua Tunggal Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa.http://journal.stkip-andi matappa.ac.id/index.php/jurkam/article/download/ 93/pdf. Diakses pada 12 September 2018.
Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam
Membentuk Kepribadian Anak.†ThufuLA 5(1): 103-122.
Afifah, Afra., & Suprianto, Dr. Ahmad. (2011). Pendidikan Seks Untuk Remaja. Surakarta: Gizone Publishing
Andarmoyo, Sulistyo. (2012).Keperawatan Keluarga; Konsep Teori, Proses, danPraktik Keperawatan Edisi Pertama.
Yogyakarta: Graha Ilmu
American Psychological Association. 2011. Definition of Terms: Sex, Gender, Gender
Identity, Sexual Orientation, (Online), (https://www.apa.org/pi/lgbt/resources/sexualitydefinitions.pdf) (diakses pada Minggu, 21 Ferbruari 2021)
Anugraheni, Efrida, et al. (2012). Hubungan pengetahuan dan sikap orang tua tentang pendidikan seks dengan tindakan orang tua dalam pemberian pendidikan seks pada remaja (studi di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa. Universitas Negeri Jember.
Chomaria, Nurul. 2014. Pelecehan Anak, Kenali dan Tangani, Menjaga Buah Hati dari Sindrom. Solo: Tiga Serangkai
Gunarsa, Singgih dan Gunarsa, Yulia Singgih. 2012. Psikologi untuk Muda Mudi.
Jakarta: Penerbit Libri.
Herjanti. (2015). Pola asuh orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini. Jurnal Ilmu Kebidanan Indonesia, 5(2).
Ilham, F. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pembentukan Kepribadian Remaja Di Smp Handayani Sungguminasa-Gowa. Mycological Research, 106(11), 1323–1330
Madani, Prof. Yousef. (2014). Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Anak Muslim : Panduan Bagi Orangtua & Guru Agar Anak Tidak Menjadi Korban. Jakarta: Zahra
Muarifah, A., Soesilo, T. D., & Tagela, U. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENDIDIKAN SEKS DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 1-9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/17314 diakses November 2021
Mukhtar Latif, Zubaidah, Rita, Zulkhairana, Afandi, Moh. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Fajar Interpratama Mandiri
Nugraha, B. D. & Wibisono, S. 2016. Adik Bayi Datang dari Mana? : A-Z Pendidikan Seks Usia Dini. Jakarta: Noura Books.
Padmomartono, Sumardjono. 2014. Konselimg Remaja. Yogyakarta: Penerbit Ombak
Pratama, Imam Agus Faisal. 2012. Perancangan Buku Media Informasi Tentang Pendidikan Seks dalam Keluarga. Universitas Komputer Indonesia https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/571/jbptunikompp-gdl-immagusfai-28536-5-unikom_i-r.pdf (diakses pada Minggu, 21 Februari 2021)
Slameto. (2013). Metodologi Pendidikan. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, FKIP – UKSW Salatiga.
Soesilo, Tritjahjo Danny. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.