Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa

Authors

  • Natalia Zeva Chrisanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yustinus Windrawanto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.6733

Keywords:

Pola Asuh Orang Tua, Pengetahuan Pendidikan Seks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel pola asuh orang tua dengan variabel pemahaman pengetahuan pendidikan seks pada siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa. Dalam penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas (X) adalah pola asuh orang tua dan variabel terikat (Y) adalah pengetahuan pendidikan seks.Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan populasi adalah seluruh siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa sebanyak 216 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 134 siswa.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui angket/kuisioner menggunakan teknik analisis data Coefficient  Contingency  berbantuan program IBM Statistic SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel Pola Asuh (X) dengan variabel pengetahuan pendidikan seks (Y)  diperoleh signifikansi  sebesar 0,038 < 0,05 dengan koefisien korelasi yang menunjukan angka 8,405** . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pola asuh dengan pengetahuan pendidikan seks pada anak kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa.

References

Arifin Andi Agustan dan Dewi Mufidatul Ummah. 2018. Pengaruh Pola Asuh

Orangtua Tunggal Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa.http://journal.stkip-andi matappa.ac.id/index.php/jurkam/article/download/ 93/pdf. Diakses pada 12 September 2018.

Ayun, Qurrotu. 2017. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam

Membentuk Kepribadian Anak.†ThufuLA 5(1): 103-122.

Afifah, Afra., & Suprianto, Dr. Ahmad. (2011). Pendidikan Seks Untuk Remaja. Surakarta: Gizone Publishing

Andarmoyo, Sulistyo. (2012).Keperawatan Keluarga; Konsep Teori, Proses, danPraktik Keperawatan Edisi Pertama.

Yogyakarta: Graha Ilmu

American Psychological Association. 2011. Definition of Terms: Sex, Gender, Gender

Identity, Sexual Orientation, (Online), (https://www.apa.org/pi/lgbt/resources/sexualitydefinitions.pdf) (diakses pada Minggu, 21 Ferbruari 2021)

Anugraheni, Efrida, et al. (2012). Hubungan pengetahuan dan sikap orang tua tentang pendidikan seks dengan tindakan orang tua dalam pemberian pendidikan seks pada remaja (studi di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa. Universitas Negeri Jember.

Chomaria, Nurul. 2014. Pelecehan Anak, Kenali dan Tangani, Menjaga Buah Hati dari Sindrom. Solo: Tiga Serangkai

Gunarsa, Singgih dan Gunarsa, Yulia Singgih. 2012. Psikologi untuk Muda Mudi.

Jakarta: Penerbit Libri.

Herjanti. (2015). Pola asuh orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini. Jurnal Ilmu Kebidanan Indonesia, 5(2).

Ilham, F. (2013). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Pembentukan Kepribadian Remaja Di Smp Handayani Sungguminasa-Gowa. Mycological Research, 106(11), 1323–1330

Madani, Prof. Yousef. (2014). Pendidikan Seks Usia Dini Bagi Anak Muslim : Panduan Bagi Orangtua & Guru Agar Anak Tidak Menjadi Korban. Jakarta: Zahra

Muarifah, A., Soesilo, T. D., & Tagela, U. (2019). HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PENDIDIKAN SEKS DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 1-9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/17314 diakses November 2021

Mukhtar Latif, Zubaidah, Rita, Zulkhairana, Afandi, Moh. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Fajar Interpratama Mandiri

Nugraha, B. D. & Wibisono, S. 2016. Adik Bayi Datang dari Mana? : A-Z Pendidikan Seks Usia Dini. Jakarta: Noura Books.

Padmomartono, Sumardjono. 2014. Konselimg Remaja. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Pratama, Imam Agus Faisal. 2012. Perancangan Buku Media Informasi Tentang Pendidikan Seks dalam Keluarga. Universitas Komputer Indonesia https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/571/jbptunikompp-gdl-immagusfai-28536-5-unikom_i-r.pdf (diakses pada Minggu, 21 Februari 2021)

Slameto. (2013). Metodologi Pendidikan. Program Studi Bimbingan Dan Konseling, FKIP – UKSW Salatiga.

Soesilo, Tritjahjo Danny. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Chrisanti, N. Z., Soesilo, T. D., & Windrawanto, Y. (2022). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Pengetahuan Pendidikan Seks Pada Anak Kelas 8 di SMP Negeri 1 Ambarawa. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.6733