Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Peserta Didik di Kelas XII SMA PGRI 4 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7075Keywords:
Faktor Mempengaruhi DisiplinAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi banyak peserta didik di SMA PGRI 4 Padang yang tidak mematuhi tata tertib sekolah, dilihat dari adanya peserta didik yang tidak mengikuti dan mentaati aturan tata tertib sekolah, peserta didik yang belum memiliki kesadaran diri sebagai pemahaman diri bahwa disiplin dianggap penting, dan peserta didik hadir tidak tepat waktu. Tujuan dalam penelitian ini dapat diketahui dari 4 indikator, yaitu: 1) mengikuti dan mentaati peraturan, 2) kesadaran diri sebagai pemahaman diri bahwa disiplin danggap penting, 3) alat pendidikan untuk mempengaruhi, mengubah, membina dan mementuk perilaku disiplin, 4) hukuman sebagai upaya menyadarkan, mengoreksi dan meluruskan yang salah. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, dengan populasi sebanyak 112 peserta didik kelas XII SMA PGRI 4 Padang dengan menggunakan teknik yaitu teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dan di analisis dengan teknik presentase dari rata-rata. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kedisiplinan peserta didik di kelas XII SMA PGRI 4 Padang secara umum berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 46,43%. Maka dapat diketahui permasalahan peserta didik mengenai kedisiplinan peserta didik yang masih belum mematuhi peraturan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil dari olahan data maka direkomendasikan pada peserta didik untuk lebih bisa meningkatkan kedisiplinan sesuai dengan yang diharapkan.
ÂReferences
DAFTAR RUJUKAN
Agung Nugroho. 2020. Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar. Vol. 3. No. 2 p 90-100. E-ISSN: 2614-1620
Aulia, Alin. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Prestasi Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon. Jurnal Online Mahasiswa. Vol 1(2): 7-10.
Ahmad Susanto. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group
Ahmad Juntika, Nurihsan. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar dan Kehidupan. Bandung : Reika Aditama
Akmaluddin, dkk. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswadi Sekoalh Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal Of Education Science (JES). Vol. 5. No 2.
Ali Imron. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasisi Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.
Amani. 2018. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Memotivasi belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol. 15, No. 1
Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta
Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi, Revisi VII. Jakarta. Rineka Cipta.
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional. ( 2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen. Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Fitri Hayati. 2016. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di MA. Jurnal Manager Pendidikan. Volume 10. No 6, hlm. 603-607.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Ika Ernawati. 2016. Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 1. ISSN. 2541-6782.
Laila Maharani, dkk. 2016. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 03(1), hal 57-72. ISSN. 2089-9955.
Leli Siti Hadianti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 02; No. 01; 2008; 1-8
Lemhannas. 2004. Disiplin Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.
Mahir Pradana. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen. Vol. 6, No. 1.
Mangkuotmodjo, Soegyarto. 2003. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mangkuatmojo, S. Ed. (2004).Statistik Lanjutan. Jakarta: Rineka Cipta.
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raya Grafindo Persada.
Maskuri. 2018. Pendidikan Karakter Disiplin di Lingkungan Sekolah. Jurnal Tawadhu. Vol. 2 No 1.
Melvin, Tria. 2017. Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 April 2017
Moh Buchori Ibrahim, dkk. 2019. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Smartphone melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol.9, No 1. ISSN:2088-8341
Munjiatun. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan. Vol. 6. No 2.
Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka
Putri Astiti, Dkk. 2018. Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi. Volume 6, No. 1, Juni 2018, hlm.1-9
Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sarbudin. 2020. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kota Bima. Jurnal Guiding world. Vol. 03. No 02. Hal 01-21
Salam, dkk. 2018. Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SdN 551 Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.3 No.1
Samrin. 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9 No. 1.
Siska Yuliyantika. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 No.1.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfa Beta
Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Sumantri, Bambang. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi. Jurnal Media Prestasi. Vol 5(3):120- 122.
Taniredja, Tukiran dan Mustafidah, Hidayah. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung. Alfabeta.
Widyasari, Retna dan Karim, Abdul. 2018. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Islam NU Pungkuran. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. Vol 5(1): 92.
Yusuf. 2005. Metodologi Penelitian (Dasar–dasar Penyelidikan Ilmiah).Padang:UNP Press.
Yuyun Yunarti. 2014. Pendidikan ke Arah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah. Volume 11. No 2. Edisi Januari-Juli.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.