Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Peserta Didik di Kelas XII SMA PGRI 4 Padang

Authors

  • Rada Zamiyenda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Jaruddin Jaruddin Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Septya Suarja Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7075

Keywords:

Faktor Mempengaruhi Disiplin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak peserta didik di SMA PGRI 4 Padang yang tidak mematuhi tata tertib sekolah, dilihat dari adanya peserta didik yang tidak mengikuti dan mentaati aturan tata tertib sekolah, peserta didik yang belum memiliki kesadaran diri sebagai pemahaman diri bahwa disiplin dianggap penting, dan peserta didik hadir tidak tepat waktu. Tujuan dalam penelitian ini dapat diketahui dari 4 indikator, yaitu: 1) mengikuti dan mentaati peraturan, 2) kesadaran diri sebagai pemahaman diri bahwa disiplin danggap penting, 3) alat pendidikan untuk mempengaruhi, mengubah, membina dan mementuk perilaku disiplin, 4) hukuman sebagai upaya menyadarkan, mengoreksi dan meluruskan yang salah. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, dengan populasi sebanyak 112 peserta didik kelas XII SMA PGRI 4 Padang dengan menggunakan teknik yaitu teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kusioner dan di analisis dengan teknik presentase dari rata-rata. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kedisiplinan peserta didik di kelas XII SMA PGRI 4 Padang secara umum berada pada kategori cukup tinggi dengan persentase 46,43%. Maka dapat diketahui permasalahan peserta didik mengenai kedisiplinan peserta didik yang masih belum mematuhi peraturan sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil dari olahan data maka direkomendasikan pada peserta didik untuk lebih bisa meningkatkan kedisiplinan sesuai dengan yang diharapkan.

 

References

DAFTAR RUJUKAN

Agung Nugroho. 2020. Penanaman Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar. Vol. 3. No. 2 p 90-100. E-ISSN: 2614-1620

Aulia, Alin. 2012. Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kedisiplinan dan Prestasi Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMK Sultan Agung Kabupaten Cirebon. Jurnal Online Mahasiswa. Vol 1(2): 7-10.

Ahmad Susanto. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group

Ahmad Juntika, Nurihsan. 2006. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar dan Kehidupan. Bandung : Reika Aditama

Akmaluddin, dkk. 2019. Kedisiplinan Belajar Siswadi Sekoalh Dasar (SD) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Jurnal Of Education Science (JES). Vol. 5. No 2.

Ali Imron. 2011. Manajemen Peserta Didik Berbasisi Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.

Amani. 2018. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Memotivasi belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam. Vol. 15, No. 1

Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta :Rineka Cipta

Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Edisi, Revisi VII. Jakarta. Rineka Cipta.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional. ( 2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen. Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Fitri Hayati. 2016. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik di MA. Jurnal Manager Pendidikan. Volume 10. No 6, hlm. 603-607.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Ika Ernawati. 2016. Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 1 No. 1. ISSN. 2541-6782.

Laila Maharani, dkk. 2016. Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang BK Pribadi). Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 03(1), hal 57-72. ISSN. 2089-9955.

Leli Siti Hadianti. 2008. Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 02; No. 01; 2008; 1-8

Lemhannas. 2004. Disiplin Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.

Mahir Pradana. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia). Jurnal Manajemen. Vol. 6, No. 1.

Mangkuotmodjo, Soegyarto. 2003. Pengantar Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mangkuatmojo, S. Ed. (2004).Statistik Lanjutan. Jakarta: Rineka Cipta.

Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raya Grafindo Persada.

Maskuri. 2018. Pendidikan Karakter Disiplin di Lingkungan Sekolah. Jurnal Tawadhu. Vol. 2 No 1.

Melvin, Tria. 2017. Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 April 2017

Moh Buchori Ibrahim, dkk. 2019. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Smartphone melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol.9, No 1. ISSN:2088-8341

Munjiatun. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan. Vol. 6. No 2.

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka

Putri Astiti, Dkk. 2018. Konstruksi Identitas Guru Bimbingan Konseling sebagai Komunikator Pendidikan. Jurnal Kajian Komunikasi. Volume 6, No. 1, Juni 2018, hlm.1-9

Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sarbudin. 2020. Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi pada Peserta Didik di SMA Negeri 2 Kota Bima. Jurnal Guiding world. Vol. 03. No 02. Hal 01-21

Salam, dkk. 2018. Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V di SdN 551 Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Vol.3 No.1

Samrin. 2016. Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 9 No. 1.

Siska Yuliyantika. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, Xi, Dan Xii Di Sma Bhakti Yasa Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Volume 9 No.1.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfa Beta

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sumantri, Bambang. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi. Jurnal Media Prestasi. Vol 5(3):120- 122.

Taniredja, Tukiran dan Mustafidah, Hidayah. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung. Alfabeta.

Widyasari, Retna dan Karim, Abdul. 2018. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Islam NU Pungkuran. Jurnal Karya Pendidikan Matematika. Vol 5(1): 92.

Yusuf. 2005. Metodologi Penelitian (Dasar–dasar Penyelidikan Ilmiah).Padang:UNP Press.

Yuyun Yunarti. 2014. Pendidikan ke Arah Pembentukan Karakter. Jurnal Tarbawiyah. Volume 11. No 2. Edisi Januari-Juli.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Zamiyenda, R., Jaruddin, J., & Suarja, S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Peserta Didik di Kelas XII SMA PGRI 4 Padang. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 137–149. https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7075