Proses Layanan Konseling Individu dalam Menentukan Jurusan yang Akan Dipilih Sesuai dengan Minat Siswa

Authors

  • Dian Tri Rahmadani Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7169

Keywords:

Pemilihan Jurusan, Minat dan Bakat, Tahapan Konseling individu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan suatu gambaran pelaksanaan konseling individu. Mengentaskan permasalahan yang dialami oleh salah satu siswa SMA di kota Kendal. Permasalahan ini berkaitan dengan pemilihan jurusan yang akan dipilih di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan penenlitian lapangan (terjun langsung) di sekolah dan penelitian ini sifatnya deskriptif. Hasil yang diperoleh dari dua kali sesi proses konseling individu adalah siswa dapat menentukan jurusan yang akan dipilihnya, siswa membuat suatu sikap pada diri sendiri untuk bisa menjadi lebih bersemangat dan optimis dan dapat bermanfaat untuk konseli. Konseli menjadi paham yang harus dilakukan dan membuat alternatif lain jika mengalami suatu kendala. Konselor senantiasa mendampingi konseli sampai bisa mencapai tujuan yang diinginkan.

 

 

References

Haolah Siti, Irmayanti Rima. 2018. Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Pelaksanaan Konseling Individual. Vol. 1, No. 6. IKIP Siliwangi.

Nurwati lin, Wati Masna, Puspitasari Novianti. 2020. Sistem Monitoring Penelusuran Minat dan Bakat Mahasiswa. Volume 10 No 2. Universitas Mulawarman.

Novatama Shelly Gazela. 2016. Layanan Konseling Individu Untuk Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.

Prabowo Wisnu, Yusuf Munawir, Rini Setyowati. 2019. Pengambilan Keputusan Menentukan Jurusan Kuliah Ditinjau Dari Student Self Efficacy Dan Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Volume 5 Nomor 1.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Rahmadani, D. T. (2022). Proses Layanan Konseling Individu dalam Menentukan Jurusan yang Akan Dipilih Sesuai dengan Minat Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 11–19. https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7169