Hubungan Self Manajemen dengan Penyesuaian Diri Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7550Keywords:
Self Manajemen, Penyesuaian Diri, SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan self manajemen dan penyesuaian diri serta melihat hubungan self manajemen dan penyesuaian diri. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ulum Pereulak yang berada di kabupaten Aceh Timur yang berjumlah 123 siswa. Penentuan sampel menggunakan rumus Taro Yamane sehingga sampel penelitian berjumlah 94 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self manajemen dan penyesuaian diri dengan skala likert, pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 20. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana untuk melihat self manajemen dengan penyesuaian diri. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa self manajemen siswa dengan kategori sedang sebanyak 71,3 %, kategori tinggi 16%, dan kategori rendah sebanyak 12,7%. Deskripsi penyesuaian diri siswa dengan kategori sedang sebanyak 73,4%, kategori tinggi 14,9%, dan kategori rendah 11,7%. Koefisien regresi self manajemen (X) sebesar 0,488 yang bernilai positif yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara self manajemen terhadap penyesuaian diri dengan nilai R Square sebesar 0,307 menunjukkan bahwa 30,7% variasi nilai penyesuaian diri yang ditentukan oleh self manajemen yang memiliki pengaruh terhadap penyesuaian diri. Kesimpulan penelitian self manajemen memilki hubungan positif terhadap penyesuaian diri.References
Abasiah, S. (2019). Penerapan Konseling Kelompok dalam Menangani Penyesuaian Diri Santri Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Al-Mizan Cikole Pandeglang Banten). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Serang Banten.
Ahmad, H., Irfan, A. Z., & Ahlufahmi, D. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1).
Ali, M., & Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Alkhoiroti, F. N., Lestari, S., & Hidayat, S. (2013). Kejujuran Akademik dan Non Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Bukit Indah Lawu. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ariati, P. (2021). Meningkatkan Penyesuaian Diri Terhadap Lingkungan Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Pada Siswa Kelas 7A SMP N 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 11(2), 307–317.
Aridhona, J. (2017). Hubungan antara kecerdasan spiritual dan kematangan emosi dengan penyesuaian diri remaja. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(3), 224–233.
Asbari, M., Pramono, R., Kotamena, F., Sihite, O. B., Liem, J., Imelda, D., & Purwanto, A. (2020). Bekerja Sambil Kuliah dalam Perspektif Self Management: Studi Etnografi pada karyawan Etnis Jawa di Kota Seribu Industri Tangerang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 253–263.
Cahyadi, A. (2012). Konflik peran ganda perempuan menikah yang bekerja ditinjau dari dukungan sosial keluarga dan penyesuaian diri. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 36(02), 254–271.
Damayanti, E. (2015). Peran Belajar Berdasar Regulasi Diri dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Siswi Madrasah Tsanawiyah Muallimat Yogyakarta. Jurnal Biotek, 3(2), 54–69.
Daru, D. S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Manajemen Diri Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self Instruction. Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Endang, W. N., Hendriana, H., & Ningrum, D. S. A. (2021). Gambaran Penyesuaian Diri Siswa Kelas X IPA 3 SMA Negeri 25 Garut. FOKUS: Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan, 4(1), 32–38.
Fitria, C. I., Yusmami, & Marimbun. (2021). Manajemen Stres Istri yang Melangsungkan Pernikahan Dini. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 2(1), 36–43. doi:10.37411/jgcj.v2i1.637
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogakarta: Ar-Ruzz Media.
Gie, T. L. (2000). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Gustiana, F., Arifin, I. Z., & Marlina, E. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk menumbuhkan Self Management dalam Belajar Siswa. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 5(2), 123–142.
Hasan, S. A., Handayani, M. M., & Psych, M. (2014). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(2), 128–135.
Hasmayni, B. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 98–104.
Jawwad, A. A. (2007). Manajement Diri. Bandung: Savei Generation.
Lidya, S. F., & Darmayanti, N. (2015). Self-efficacy akademik dan penyesuaian diri siswa Kelas X SMA Patra Nusa. Jurnal Diversita, 1(1).
Marimbun. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Topik Tugas. Jurnal KOPASTA, 8(1), 54–65. Retrieved from https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/kopastajournal/article/view/2978
Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165–175. doi:10.21009/insight.062.05
Mashudi, F. (2020). Penerapan Layanan Orientasi Materi Tatakrama Pergaulan Untuk Meningkatkan Pemahaman Pengembangan Sosial Siswa Smpn 1 Sumenep. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 1(2), 179–200.
Nadzir, A. I., & Wulandari, N. W. (2013). Hubungan Religiusitas dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Tabularasa, 8(2).
Noor, J. (2015). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Nurcahya, A. (2020). Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Upaya Penyesuaian Diri Masyarakat Baduy Mualaf (Studi Kasus di Kampung Gunung Campaka, Desa Lebak Parahiang, Kecamatan Leuwidamar, Lebak-Banten). Doctoral Dissertation, UIN SMH Banten.
Nursalim, M. (2005). Strategi Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Pedhu, Y. (2013). Keterampilan Interpersonal Para Frater X. Psiko Edukasi, 11(1), 1–8.
Prijosaksono, A., & Mardianto, M. (2003). Self-Management: Guru Terbaik Sekaligus Musuh Terbesar Manusia. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Puspita, D. A., & Ratnaningsih, I. Z. (2015). Komunikasi Interpersonal Atasan-bawahan Dan Penyesuaian Diri Pada Cpns Dari Jalur Ikatan Dinas Di Pemprov Jateng. Jurnal Empati, 4(4), 340–346.
Putri, D. U. M., Anward, H. H., & Erlyani, N. (2017). Peranan penyesuaian diri terhadap stres akibat kemacetan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Jurnal Ecopsy, 3(2).
Qibtiyah, S. L. (2021). Pendekatan Realitas Untuk Penyesuaian Diri Santri Baru (Studi di Pondok Pesantren Al Mubarok Penancangan Serang. Doctoral dissertation, UIN SMH Banten.
Rahmayati, T. E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 5(2), 43–49.
Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Santrcok, J. (2003). Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Sarina, S. (2021). Peran Layanan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing Pada Penyesuaian Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Lamasi. Doctoral Dissertation, Universitas Nuhammadiyah Palopo.
Septiani, L. W. (2020). Upaya Meningkatkan Self Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Experiential Learning di Desa Mangunsari Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Doctoral dissertation, IAIN KUDUS.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulusyawati, H., Syamsuddin, S., & Purnamasari, Y. . (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Self Management Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 36–46.
Sunarto, H. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Kencana.
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55–66.
Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1).
Widyawati, R. (2019). Interaksi Sosial dalam Keluarga dengan Penyesuaian Diri pada Siswa SMP Nurul Iman Palembang. Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang.
Wulandari, N. K., & Rustika, I. M. (2016). Peran kemandirian dan kecerdasan emosional terhadap penyesuaian diri pada siswa asrama tahun pertama SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 232–243.
Yolanda, T., Dahlan, S., & Zulkifli, R. (2014). Peningkatan Kemampuan Penyesuaian Diri di Sekolah Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiadrama. ALIBKIN :Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79–96.
Yusra, A. (2021). Penerapan play therapy dalam mengembangkan interaksi sosial siswa di SMPN 8 Kota Jambi. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.