Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa Kauman Kidul Salatiga

Authors

  • Leonardo Dela Chrisma Wijaya Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Umb Tagela Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7797

Keywords:

kecanduan game online, interaksi sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh kecanduan game online terhadap interaksi sosial remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa RW 07 Kauman Kidul Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah causal comparative untuk mengetahui pengaruh variabel bebas (X) kecanduan game online terhadap variabel terikat (Y) interaksi sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja SMA/SMK anggota Karang Taruna Tunas Bangsa sebanyak 46 orang, untuk sampelnya diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap dan data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan bantuan program IBM Statistics SPSS 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan antara kecanduan game online terhadap interaksi sosial remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa RW.07 Kauman Kidul Salatiga. Hasil tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Fhitung > Ftabel (24,893 > 4,085) dan juga nilai t hitung sebesar -4,989 (> 2,015), serta nilai signifikansi (p) yang diperoleh adalah sebesar 0,000 < 0,05.

References

Afidatama, M.F. 2020. Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Tahun Akademik 2019-2020 Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal. http://repository.upstegal.ac.id/2682/ diakses Februari 2022

Alyusi, S.D. 2016. Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anggraini, R. 2020. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/14996/ diakses Februari 2022

Anjasari, E. A., Srinadi, I. G. A. M., & Nilakusmawati, D. P. E. 2020. HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL PADA REMAJA. E-Jurnal Matematika Vol. 9(3), Agustus 2020. https://ojs.unud.ac.id/index.php/mtk/article/download/63690/36300 diakses Desember 2021

Henry, S. 2010. Cerdas Dengan Game. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kusnadi, E. & Iskandar, D. 2017. Peranan Tokoh Masyarakat dalam Membangun Partisipasi Kewargaan Pemuda Karang Taruna. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta http://eprints.uad.ac.id/9926/ diakses Desember 2021

Mubarok, W. I. 2010. Sosiologi Untuk Keperawatan Pengantar dan Teori. Jakarta: Salemba Medika.

Santoso, Singgih. 2001. Mengolah Data Statistik Secara Professional. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Siagian, S.P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono & Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel (Teori dan Aplikasi untuk Analisis Data Penelitian). Bandung : CV Alfabeta.

Young, K. S. 2017. Kecanduan Internet: Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Wijaya, L. D. C., Soesilo, T. D., & Tagela, U. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Remaja SMA/SMK Karang Taruna Tunas Bangsa Kauman Kidul Salatiga. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 47–59. https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7797