Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Authors

  • Dea Yuli Astari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Tritjahjo Danny Soesilo Universitas Kristen Satya Wacana
  • Setyorini Setyorini Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7876

Keywords:

Modalitas Belajar, Motivasi Belajar.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga yang berjumlah 48 orang dan merupakan sampel total. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Modalitas Belajar yang disusun berdasarkan teori DePorter & Hernarcki (2016), dan Motivasi Belajar yang disusun berdasarkan teori Hamzah B Uno (2013). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan program SPPS version 21.0 for Windows. Terdapat nilai RSquare: 0.202 menunjukan angka koefisien determinasinya (R2). Artinya besaran sumbangan variabel Modalitas Belajar terhadap variabel Motivasi Belajar 20,2%. Hasil regresi yang diperoleh dari variabel modalitas belajar yakni memiliki nilai sig. 0.001 artinya ada pengaruh yang signifikan dari Modalitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. 

References

DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2002). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariet dengan Program SPSS. UNDIP: Semarang.

Hamzah B. Uno. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Hasrul. (2009). Pemahaman Tentang Gaya Belajar. Jurnal MEDTEK. Volume 1 Nomor (2).

Mu’tadin, Zainun. 2002. Mengenal Cara Belajar Individu. http://www.e-psikologi.com/remaja/260902.htm. Diakses Pada 5 Maret 2021.

Purbaningrum, Hana. (2015). Skripsi Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar.

Soesilo, T. D. (2018). Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Surabaya: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Astari, D. Y., Soesilo, T. D., & Setyorini, S. (2022). Pengaruh Modalitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal Wahana Konseling, 5(1), 34–46. https://doi.org/10.31851/juang.v5i1.7876