Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX A SMP Sudirman Ambarawa
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7891Keywords:
Motivasi Belajar, Kemandirian BelajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Sudirman Ambarawa, dengan populasi kelas IX A yang berjumlah 31 orang dan merupakan sampel total. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas IX A SMP Islam Sudirman Ambarawa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Kemandirian Belajar yang disusun berdasarkan teori Slameto (2002), dan Motivasi Belajar berdasarkan teori Hamzah B Uno (2013). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan program SPPS version 21.0 for Windows. Hasil regresi yang diperoleh nilai sig. 0.042 artinya ada pengaruh yang signifikan variabel motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas IX A SMP Islam Sudirman Ambarawa. Kemudian didapati nilai Rsquare yakni 0.134, artinya variabel motivasi memiliki persentase sumbangan sebesar 13,4% terhadap variabel kemandirian, sedangkan sisanya yakni 86,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
DAFTAR RUJUKAN
Batubara, S., & Nugroho, R. R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX MTSN 28 Jakarta Pada Masa Pandemi. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 18(01), 8-16. https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/1472 diakses pada tanggal 21 Februari 2022 pukul 22.32
Darmawanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pada Siswa Yang Dimediasi Oleh Kreativitas (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
https://eprints.umm.ac.id/45923/ diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 20.23.
Fauziah, N., Sobari, T., & Supriatna, E. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMP N 6 Garut. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(1), 49-55.
https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/5951 diakses pada tanggal 21 Februari 2022 pukul 22.25.
Islami, R. M. (2021). Hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar anak di luar sekolah pada masa covid 19 di perumahan kekeri indah. Transformasi: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 7(1).
http://ejournal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/4069 diakses pada tanggal 21 Februari 2022 pukul 22.43
Jannati, M. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Skripsi. FKIP Universitas Jambi.
https://docplayer.info/98299077-Pengaruh-motivasi-belajar-dan-disiplin-terhadap-kemandirian-belajar-ekonomi-siswa-kelas-xi-ips-di-sma-negeri-11-kota-jambi.html diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 16.00
Kemalasari, L. D., & Ismanto, B. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi Dikalangan Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penulisan Pengembangan Kependidikan. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/1195 diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 15.47
Maryam, Siti. (2015).†Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN 14 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Bimbingan Konseling Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
https://adoc.pub/download/2015skripsi8ab84081f6b9aa13485c9acd4c3fca7512450.html diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 19.49
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press. (Online)
http://layanan.dispusip.bandung.go.id/opac/detail-opac?id=5403 diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 17.03
Negoro, Suratina Tirto. 2008. Kecenderungan Hidup Mandiri. Bandung: Tarsito
Rahmawati, D. 2016. Hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa SD Negeri Purwoyoso 06 Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/29172 diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 19.43
Rahmawati, R. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
https://eprints.uny.ac.id/41152/1/RIMA%20RAHMAWATI%20(SKRIPSI%20FULL).pdf diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 17.12
Saputra, R. M. A., Hariyadi, A., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Sistem Daring Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Kedungadem Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 840-847.
https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1268 diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 20.18
Septiana, W. O. A. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada Mata Pelajaran Fiqih selama Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/19559 diakses pada tanggal 9 Januari 2022 pukul 16.21
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Soesilo, T. D. 2018. Penelitian Inferensial dalam Bidang Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Perss.
Umar Tirtahardja dan La Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.