Studi Tentang Tugas Perkembangan Siswa dalam Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang

Authors

  • Christina Arinda Putri Universitas Kristen Satya Wacana
  • Umbu Tagela Universitas Kristen Satya Wacana
  • Yustinus Windrawanto Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7912

Keywords:

Student Development Assignments, Basic Services Program

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program layanan dasar bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Bringin sudah mengakomodasi semua konsep tugas perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif analitik. Subyek penelitian terdiri dari satu Kepala Sekolah dan dua Guru Bimbingan dan Konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa hanya beberapa aspek tugas perkembangan siswa yang terakomodasi dalam layanan dasar bimbingan konseling. Aspek tersebut adalah (1) landasan hidup religius, (2) landasan perilaku etis, (3)  kesadaran gender, dan (4) kematangan hubungan teman sebaya, dan (5) wawasan dan kesiapan karier. Sementara aspek perkembangan siswa yang belum terakomodasi dalam layanan dasar adalah (1) kematangan emosi, (2) kematangan intelektual, (3) kesadaran tanggungjawab sosial, (4) kesadaran gender, dan (5) perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis).

References

Danim, S. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Alfabeta.

Dependiknas. (2007). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Jalur Pendidikan Formal. Buku Pedoman.

Farozin, dkk. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling SMP. Jakarta.

Khairani, N. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Tugas Perkembangan Sosial di SMK Budi Kesatryan Medan. Bimbingan dan Konseling. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan

Khaulani, F., S, N., & Murni, I. (2019). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Pendidikan. LPPM Unissula. Semarang

Maliki. (2016). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunarto, H., & Hartono, B. A. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Wicaksono, B. W. (2017). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 3 Salatiga Tahun Ajaran 2016/2017. Evaluasi Bimbingan dan Konseling.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Putri, C. A., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2022). Studi Tentang Tugas Perkembangan Siswa dalam Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 115–124. https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.7912