Konseling Realitas untuk Meningkatkan Self Control Siswa Nomophobia di SMK Negeri 7 Palembang

Authors

  • Jaya Wahyuningsih Universitas PGRI Palembang
  • Ramtia Darma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.9407

Keywords:

Konseling Realitas, Meningkatkan Self Control, siswa Nomophobia, konseling kelompok realita

Abstract

Ketergantungan remaja terhadap mobile phone disebut dengan no-mobile phone phobia (nomophobia) yang merupakan ketakutan dan kecemasan modern akibat dari perkembangan teknologi. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi nomophobia adalah dengan adanya self control, self control sendiri sangat dibutuhkan ada di dalam pribadi seseorang karena self control dapat mengontrol diri untuk tetap terkontrol dengan baik. Kontrol diri menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang, berfungsi sebagai pengendalian diri atas perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kontrol diri berkaitaan dengan bagaimana seseorang mengendalikan emosi juga dorongan dorongan dari dalam dirinya. Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu dengan bantuan konseling realitas. Konseling realitas sebagai suatu bentuk psikoterapi yang berkembang selama periode ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen, dengan desain penelitian one-group pretest-posstest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI DKV 2 di SMK Negeri 7 Palembang, dengan sampel sebanyak 7 orang. Subjek penelitian dipilih menggunakan purposive sampling mengingat sampel yang sedikit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 7 orang siswa yang menjadi sampel terjadi peningkatan self control siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji wilcoxon signed rangk test dengan bantuan bantuan aplikasi SPSS 22. Bedasarkan hasil diperoleh dari test statistic di dapat nilai Z hitung adalah -2,357, dengan nilai signifikasi 0,018. maka Ha diterima. Artinya konseling realitas dapat meningkatkan self control siswa nomophobia pada siswa di SMK Negeri 7 Palembang.

 

References

Ajeng Tiara Asih. Nailul Fauziah. (2017, April). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecemasan Jauh dari Smartphone (Nomophobia) pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunkasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang, Jurnal Empati, Volume 6 ( nomor 2), 15-20.

Andriani Selvia Wulan, S. A. (2019). Gambaran Kontrol Diri Penggunaan Smartphone pada Siswa Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Kecamatan Jatinangor. Jurnal Keperawatan Komprehensif, Vol. 5, No. 2.

Antonius, H. S. (2020). Analisis Faktor Kenyamanan dan Ketergantungan Mahasiswa pada Smartphone yang Mengakibatkan Stress. Jurnal Bisnis Darmajaya, Vol. 6, No. 2, 37-39.

Azizah, N. (2016). Pelatihan Konseling Realitas untuk Meningkatkan Kesadaran diri Mahasiswa BKI.

Bilqis Rahmanda Hakim, Sri Mastutik, Abdul Muhid. (2020). Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Literatur Review. JUANG : Jurnal Wahana Konseling, Vol. 3, No. 2, 70-73.

Darmansyah, R. A. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Penyintas Covd-19. Nosipakabelo : Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 3, No. 1.

Daud, Ali. (t.thn.). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas, 22.

Diananda, A. (2018). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALHANNYA. http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index.php/istighna.

Dr. Juliansyah Noooe, S. .. (2011). Metodologi Penelitian. PRENADAMEDIA GROUP.

Elli NurHayati, Khoiruddin Bashori. (2020). nomophobia dikalangan remaja, 9.

Juliana Hidayati. Efri Widianti. Lia Nurlianawati. (2021). Hubungan Control Diri dengan Kecendrungan Nomophobia Pada Mahasiswa Keperawatan.

Khomsah, N. R., Mugiarso, H., & Kurniawan, K. (2018). Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Indonesia Journal of Guidance and Conseling: Theory and Appliction, Vol 7 No 2.

Permatasari Khofifah Silvie, K. N. (2022). Hubungan Kontrol Diri dengan Kecendrungan Nomophobia Selama Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa di SMPN 1 Kota Cirebon. JKM : Jurnal Kesehatan Mahardika, Vol. 9, No. 1, 42.

Puswati Desti, S. N. (2021). Hubungan Nomophobia Dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa S1 Keperawatan Stikes Payung Negeri Pekanbaru. Health Care : Jurnal Kesehatan, Vol. 10, No. 2, 2-3.

Ramaita, Armaita, Pringga Vandelis. (2019). HUBUNGAN KETERGANTUNGAN SMARTPHONE DENGAN KECEMASAN (NOMOPHOBIA), 5.

Siti Muryana, Dian Ari Widyastuti. (2019). NOMOPHOBIA ( NO MOBILE PHONE PHOBIA ) penyakit remaja masa kini, 8.

Tri Mulyati. Frieda NRH. (2018). KECANDUAN SMARTPHONE DITINJAU DARI CONTROL DIRI DAN JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG, 153-161.

Uyun Amali Rosida, Asrowi Asrowi, Rian Rokhmad Hidayat. (2017). Konseling Realitas untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Pestasi Belajar Peserta Didik SMP.

Wahyu, U. (2016). Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Self Control pada PTRM . jOURNAL An-Nafs : Kajian Penelitian Psikologi.

Yusrina Tsabita Farhan, R. R. (2021). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Mahasiswa Perempuan Di Surabaya. Personifikasi : Jurnal Ilmu Psikologi, Volume 12, No. 2, 163-164.

Downloads

Published

2022-09-28 — Updated on 2023-04-04

Versions

How to Cite

Wahyuningsih, J., Putri, R. D., & Sari, S. P. (2023). Konseling Realitas untuk Meningkatkan Self Control Siswa Nomophobia di SMK Negeri 7 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 5(2), 150–156. https://doi.org/10.31851/juang.v5i2.9407 (Original work published September 28, 2022)