Pengaruh Tindakan Supervisi Klinis dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMA
DOI:
https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i2.6650Keywords:
Supervisi Klinis, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh tindakan supervisi klinis terhadap kinerja guru, 3) Mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan tindakan supervisi klinis terhadap kinerja guru. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Supervisi Klinis (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan thitung = 3,058 dan ttabel = 1,957 dimana thitung > ttabel. 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhdap Kinerja Guru (Y) dengan thitung = 2,993 dan ttabel = 1,957 dimana thitung > ttabel. 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Supervisi Klinis (X1) dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan persamaan regresi = 57,771 + 0,147x1 + 0,240x2, dengan koefisien determinasi R2 (R square) sebesar 0,99 yang berarti bahwa supervisi klinis dan kepemimpinan kepala sekolah mampu mempengaruhi kinerja guru sebesar 9,9%.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Barnawi, M. A. (2017). Kinerja Guru Profesional. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
E. Mulyasa, (2015). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 62-72.
Kristiawan, M. dkk., (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Makawimbang, J. (2013). Supervisi Klinis Teori dan Pengukurannya. Bandung: Alfabeta
Priansa, D. J., & Setiana, S. S. 2018. Manajemen dan Supervisi pendidikan. Bandung. Pustaka Setia.
Riduwan. (2011). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Saniyem, dkk., (2020). Pengaruh Kepemimpinan dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol. 9 No. 1 Tahun 2020.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.