Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Role Playing dalam Meminimalisir Kecenderungan Nomophobia

Authors

  • Yusmainar Yusmainar Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Fitria Kasih Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.16659

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Metode Role Playing, Nomophobia

Abstract

This study aims to describe nomophobic behavior before and after being given group guidance services using the role playing method and test the effectiveness of group guidance using the role playing method to minimize students' nomophobic tendencies. ​This type of research is quantitative with experimental method. The research population is phase F students of SMA N 1 Gunung Talang totaling 20 people, the sample amounted to 10 people with purposive sampling technique. The instrument used is a questionnaire, while for data analysis with percentage techniques and t tests. The results of this study indicate that 1) The description of students' nomophobia behavior before being given group guidance services using the role playing method is in a fairly high category. 2) The description of students' nomophobic behavior after being given group guidance services using the role playing method is in the low category. 3) Group guidance using the role playing method to minimize the tendency of nomophobia of students is effective before and after being given the service.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku nomophobia sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing dan menguji efektifitas bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing untuk meminimalisir kecenderungan nomophobia peserta didik. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi peneltian adalah peserta didik fase F SMA N 1 Gunung Talang yang berjumlah 20 orang, sampel berjumlah 10 orang dengan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket, sedangkan untuk analisis data dengan teknik persentase dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran perilaku nomophobia peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing berada pada kategori cukup tinggi. 2) Gambaran perilaku nomophobia peserta didik setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing berada pada kategori rendah. 3) bimbingan kelompok dengan menggunakan metode role playing untuk meminimalisir kecenderungan nomophobia peserta didik efektif sebelumdan sesudah diberikan layanan.

References

Atilkah, J. F., & Wilrastanila, A. (2022). Elfelktilviltas Telknilk Rolel Playilng dalam Bilmbilngan Kellompok telrhadap Pelrillaku Bullyilng Silswa Kellas VIlIlIl SMP Nelgelril 5 Surabaya. Elfelktor, 9(2), 264–271.

Fadillah, S. N. (2019). Layanan Bilmbilngan Kellompok dalam Melmbelntuk Silkap Jujur Mellaluil Pelmbilasaan. Ilslamilc Counsellilng: Jurnal Bilmbilngan Konsellilng Ilslam, 3(2), 167–178.

Hardilanto & Baharudiln M Ruslil. (2019). Elfelktilfiltas Pelnelrapan Modell Pelmbellajaran PAIlKElM Gelmbrot telrhadap Pelnilngkatan Hasill Bellajar Mahasilswa pada Mata Kulilah Pelmbellajaran Matelmatilka Selkolah Dasar. Cokroamilnoto Journal Of Prilmary Elducatilon, 2(1), 22–33.

Hantoro, R. W., Hartilnil, S., & ... (2022). Stratelgil Layanan Bilmbilngan Kellompok Telknilk Rolelplay untuk Melmilnilmalilsilr Nomophobila Relmaja. Jurnal Pelndildilkan dan Konsellilng, 4, 1264–1269.

Hildayatil, J., Wildilantil, El., & Nurlilanawatil, L. (2021). Hubungan Kontrol Dilril delngan Nomophobila pada Mahasilswa Kelpelrawatan. Jurnal Illmu Kelpelrawatan Jilwa, 4(2), 429–436.

Sudarjil, S. (2018). Hubungan Antara Nomophobila delngan Kelpelrcayaan Dilril. Psilbelrneltilka, 10(1), 51–61.

Saril, Il. P., Ilfdill, Il., & Yelndil, F. M. (2020). Konselp Nomophobila pada Relmaja Gelnelrasil Z. JRTIl (Jurnal Rilselt Tilndakan Ilndonelsila), 5(1), 21–26.

Susillowatil, Justiltila, D., & Djunaeldil. (2017). Pelngaruh Meltodel Rolel Play dalam Layanan Bilmbilngan Klasilkal telrhadap Pelmahaman Aselrtilf (Studil Elkspelrilmeln pada Silswa Kellas X-1 Sma Yadilka 4 Pondok Geldel). Ilnsilght : Bilmbilngan dan Konsellilng, 6(2), 114–129.

Nurdiln Astonil, Sailkhonil, Ailnur Rosildah, Trilyunil Helndrowatil, W. D. T. (2022). Melngurangil Pelrillaku Nomophobila. DA’WA: Jurnal Bilmbilngan Pelnyuluhan & Konsellilng Ilslam, 1(2), 1–9.

Wahyudil Rahmad, Filtrila Kasilh, T. (2023). Modell Rancangan Bilmbilngan Kellompok delngan Melnggunakan Meltodel Rolel Playilng dalam Melmbantu Pelncapailan Tugas Pelrkelmbangan Pelselrta Dildilk (Studil Delskrilptilf Analilsils Kellas XIl IlPS 1 dil SMAN 2 Padang Panjang). Pelma (Jurnal Pelndildilkan dan Pelngabdilan Kelpada Masyarakat), 1(1), 14–21.

Yanto, A. (2015). Meltodel Belrmailn Pelran (Rolel Playilng) untuk Melnilngkatkan Hasill Bellajar Silswa pada Mata Pellajaran Ilps. Jurnal Cakrawala Pelndas, Il(1), 55–64.

Yunilar Kartilka & Seltyowatil Aprillila. (2023). Liltelratur Relvilelw : Elfelktilviltas Konsellilng Kellompok Telknilk Sellf Managelmelnt untuk Melrelduksil Nomophobila Silswa. 1059–1071.

Yilldilrilm, C., & Correlila, A. P. (2015). Elxplorilng Thel Dilmelnsilons of Nomophobila: Delvellopmelnt and Valildatilon of A Sellf-Relporteld Quelstilonnailrel. Computelrs iln Human Belhavilor, 49(August), 130–137.

Downloads

Published

2024-09-07

How to Cite

Yusmainar, Y., Kasih, F., & Triyono, T. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Role Playing dalam Meminimalisir Kecenderungan Nomophobia . Jurnal Wahana Konseling, 7(2), 255–269. https://doi.org/10.31851/juang.v7i2.16659