Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP)

Authors

  • Maria Tri Indah Mustikasari SMAN 8 Kota Malang
  • Prio Utomo IAIN Bengkulu
  • Amaliyah Aam IAIN Bengkulu
  • Zubaidah Zubaidah IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.5584

Keywords:

Perilaku Agresif Verbal, Psikoedukasi, Teknik Sosiodrama

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku menyimpang yang sering dan umumnya dilakukan Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas psikoedukasi melalui pelatihan teknik sosiodrama untuk mereduksi perilaku agresif verbal Siswa SMP. Jenis penelitian menggunakan pendekatan eksperimen, metode penelitian menggunakan one grup prestest and posttest design. Subjek penelitian yang diteliti adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang pada tahun 2019, penentuan subjek penelitian dilakukan melalui teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian menggunakan (1) skala perilaku agresif verbal, (2) panduan eksperimen dan (3) pedoman observasi. Observasi dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) eksperimen. Observasi dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan nilai dari pretest ke posttest. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik non parametik (uji Wilcoxon dan uji The Mann-Whitney U test). Hasil uji hipotesis penelitian menghasilkan nilai 0,001 < 0,05, maka Ho di tolak dan H1 di terima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan teknik sosiodrama teruji efektif dan dapat digunakan sebagai media untuk mereduksi (mengurangi) perilaku agresif verbal Siswa SMP.

References

Berkowitz. L. (2003). Emotional Behavior. Jakarta : CV Taruna Grafica.

Dayakisni. T & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Djamarah, S.B. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta

Djamarah, S.B & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta

Erindah. 2016, Efektifitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII B SMPN 15 Malang. UM Malang: Skripsi (tidak diterbitkan).

Fatqurrohman. P.H. (2014). Efektifitas Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kesadaran Toleransi Siswa Kelas VII SMP Raden Patah. UM Malang: Skripsi (tidak diterbitkan).

Hamid, I. (2018). Penerapan teknik Sosiodrama dalam Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Begeri 8 Makasar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, Edisi I.

Hanurawan, Fattah. (2011). Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-masalah Perilaku Sosial. Malang: FIP.

Hanurawan, F. (2007). Psikologi Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lubis dkk. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal ilmiah BK

Myers, D.G. (2010). Social Psychology (Tenth Edition). New York: McGraw Hill.

Roestiyah, (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta

Romlah. T. (2013). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sarwono, S.W. (2002), Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiharto, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sumbaga. M.F. (2014). Efektifitas Pemberian Metode Bermain Peran terhadap Perilaku Agresif Anak TK di TKK Tri Tunggal Semarang. Tesis. Salatiga, Pascasarjana Universitas Kristen Satya Wacana.

Wijayati, N. (2015). Penggunakan Metode Bermain Peran dalam Mengurangi Perilaku Agresifitas Anak TK Desa Sewulan Tahun Ajaran 2015/2016. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan. 45-48.

Winkel. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Mustikasari, M. T. I., Utomo, P., Aam, A., & Zubaidah, Z. (2021). Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP). Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.5584