Psikoedukasi: Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama Sebagai Media Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Verbal Siswa Menengah Pertama (SMP)
DOI:
https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.5584Keywords:
Perilaku Agresif Verbal, Psikoedukasi, Teknik SosiodramaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku menyimpang yang sering dan umumnya dilakukan Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas psikoedukasi melalui pelatihan teknik sosiodrama untuk mereduksi perilaku agresif verbal Siswa SMP. Jenis penelitian menggunakan pendekatan eksperimen, metode penelitian menggunakan one grup prestest and posttest design. Subjek penelitian yang diteliti adalah Siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Malang pada tahun 2019, penentuan subjek penelitian dilakukan melalui teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian menggunakan (1) skala perilaku agresif verbal, (2) panduan eksperimen dan (3) pedoman observasi. Observasi dilakukan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) eksperimen. Observasi dilakukan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan nilai dari pretest ke posttest. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik non parametik (uji Wilcoxon dan uji The Mann-Whitney U test). Hasil uji hipotesis penelitian menghasilkan nilai 0,001 < 0,05, maka Ho di tolak dan H1 di terima. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan teknik sosiodrama teruji efektif dan dapat digunakan sebagai media untuk mereduksi (mengurangi) perilaku agresif verbal Siswa SMP.
References
Berkowitz. L. (2003). Emotional Behavior. Jakarta : CV Taruna Grafica.
Dayakisni. T & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Djamarah, S.B. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta
Djamarah, S.B & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta
Erindah. 2016, Efektifitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII B SMPN 15 Malang. UM Malang: Skripsi (tidak diterbitkan).
Fatqurrohman. P.H. (2014). Efektifitas Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kesadaran Toleransi Siswa Kelas VII SMP Raden Patah. UM Malang: Skripsi (tidak diterbitkan).
Hamid, I. (2018). Penerapan teknik Sosiodrama dalam Bimbingan kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Begeri 8 Makasar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, Edisi I.
Hanurawan, Fattah. (2011). Psikologi Sosial Terapan dan Masalah-masalah Perilaku Sosial. Malang: FIP.
Hanurawan, F. (2007). Psikologi Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lubis dkk. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal ilmiah BK
Myers, D.G. (2010). Social Psychology (Tenth Edition). New York: McGraw Hill.
Roestiyah, (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Rineka Cipta
Romlah. T. (2013). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sarwono, S.W. (2002), Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Sugiharto, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sumbaga. M.F. (2014). Efektifitas Pemberian Metode Bermain Peran terhadap Perilaku Agresif Anak TK di TKK Tri Tunggal Semarang. Tesis. Salatiga, Pascasarjana Universitas Kristen Satya Wacana.
Wijayati, N. (2015). Penggunakan Metode Bermain Peran dalam Mengurangi Perilaku Agresifitas Anak TK Desa Sewulan Tahun Ajaran 2015/2016. Prossiding Seminar Nasional Pendidikan. 45-48.
Winkel. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. License
Use of articles will be governed by the Creative Commons Attribution - ShareAlike license as currently displayed on Creative Commons Attribution - ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA)
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
Jurnal Wahana Konseling spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, Halaman Olahraga Nusantara permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and Jurnal Wahana Konseling on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
1. Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
2. The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
3. The right to reproduce the article for own purposes,
4. The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. Jurnal Wahana Konseling will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. Jurnal Wahana Konseling will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that Jurnal Wahana Konseling entitles the author(s) to no royalties or other fees.