Pengaruh Media Bimbingan dan Konseling terhadap Motivasi Berprestasi di Kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman

Authors

  • Nadya Silvany STKIP PGRI SUMATERA BARAT
  • Mori Dianto STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Suryadi Suryadi STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6376

Keywords:

Media Bimbingan Dan Konseling, Motivasi Berprestasi

Abstract

 ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi adanya fenomena peserta didik yang memiliki motivasi berprestasi rendah yang cenderung malas dalam belajar, tidak memiliki kemandirian dalam belajar, tidak memiliki perhatian dan konsentrasi dalam belajar, menampakkan minat yang kurang dalam belajar, keengganan mengerjakan tugas, cepat bosan di kelas, berusaha menghindar dari kegiatan belajar, memiliki kecemasan yang tinggi jika dihadapkan dengan tugas yang sulit. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Pariaman. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 120 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus regresi linear sederhana guna untuk melihat pengaruh media bimbingan dan Konseling terhadap motivasi berprestasi di kelas XI SMA N 1 Pariaman.

Hasil penelitian diperoleh: 1) Gambaran media bimbingan dan konseling berada pada kategori tinggi 2) Gambaran motivasi berprestasi pada kategori sangat tinggi 3) Pengaruh penggunaan media bimbingan dan konseling terhadap motivasi berprestasi berdasarkan uji regresi sebesar 0,382 x 100% atau 38,2%. Berdasarkan temuan penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada peserta didik untuk dapat mempertahankan media bimbingan dan konseling serta meningkatkan motivasi berprestasi.

THE EFFECT OF MEDIA GUIDANCE AND COUNSELING

ON ACHIEVEMENT MOTIVATION

IN CLASS XI SMA N 1 PARIAMAN

  ABSTRACT

               This research is motivated by the phenomenon of students who have low achievement motivation who tend to be lazy in learning, do not have independence in learning, do not have attention and concentration in learning, show less interest in learning, reluctance to do assignments, get bored quickly in class, try to avoid learning activities, have high anxiety when faced with difficult tasks.

               The type of research used is descriptive quantitative method. The population of this study were students of class XI SMA N 1 Pariaman. Sampling in this study using proportional random sampling technique. From the calculation results obtained a sample of 120 respondents. The instrument used in this research is a questionnaire. To analyze the data, a simple linear regression formula was used in order to see the effect of guidance and counseling media on achievement motivation in class XI SMA N 1 Pariaman.               The results obtained: 1) The description of the guidance and counseling media is in the high category 2) The description of achievement motivation is in the very high category 3) The influence of the use of guidance and counseling media on achievement motivation based on the regression test is 0.382 x 100% or 38.2%. Based on the findings of this study, the researcher recommends that students be able to maintain guidance and counseling media and increase achievement motivation.

Author Biography

Nadya Silvany, STKIP PGRI SUMATERA BARAT

mahasiswa Bimbingan dan Konseling STKIP PGRI SUMATERA BARAT

References

Asnawi, S. 2002. Teori Motivasi. Jakarta: Studio Press.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mutmainnah, Aqidha Nurul, Dkk. 2017. Media Bimbingan Konseling Berbasis Hypermedia. Penerapan Operasional Penyelenggaraan (POP) Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Menyikapi Tantangan Profesi BK Di Abad 21.

Nursalim, Mochamad. 2013. Pengembangan Media Bimbingan Dan Konseling. Jakarta Barat: Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suryani dan Hendryadi. 2016. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Toding, Wastie R. B, Dkk. 2015. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas SAM Ratulangi. Jurnal E-Biomedik (Ebm). Vol. 3, No. 1.

Triyono, Dan Rahmi Dwi Febriani. 2018. Pentingnya Pemanfaatan Teknologi Informasi Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling. JUANG: Jurnal Wahana Konseling. Vol. 1, No, 2.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Silvany, N., Dianto, M., & Suryadi, S. (2021). Pengaruh Media Bimbingan dan Konseling terhadap Motivasi Berprestasi di Kelas XI SMA Negeri 1 Pariaman. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6376