Profil Burnout Study Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring di Era New Normal

Authors

  • Ahmad Rifai STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono STKIP PGRI SUMATERA BARAT

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6400

Keywords:

Burnout Study, Pembelajaran Daring, Era New Normal

Abstract

Permasalahan ini penelitian ini dilatarbelakangi masih adanya mahasiswa yang kurang bersemangat, kurang puas berargumen dalam proses pembelajaran daring, rasa kecemasan yang tinggi, dan adanya rasa bosan mahasiswa selama proses pembelajaran daring.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: burnout study mahasiswa dalam pembelajaran daring di era new normal, dilihat dari aspek kelelahan emosi, kelelahan fisik, kelelahan kognitif, dan kehilangan motivasi. Penelitian   ini   dilakukan   dengan   menggunakan   metode   deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 217 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proposional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini  141 orang responden. Instrumen yang digunakan angket. Analisis data  dengan skor interval. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum  burnout study mahasiswa dalam pembelajaran daring di era new normal berada pada kategori rendah. Selanjutnya dilihat dari indikator:  1) ) Burnout study mahasiswa dalam pembelajaran daring di era new normal berdasarkan indikator kelelahan emosi berada pada kategori cukup tinggi, 2) Burnout study mahasiswa dalam pembelajaran daring di era new normal berdasarkan indikator kelelahan fisik berada pada kategori cukup tinggi, 3) Burnout study mahasiswa dalam pembelajaran daring di era new normal berdasarkan indikator kelelahan kognitif berada pada kategori rendah, 4) Burnout study mahasiswa dalam pembelajaran daring di era new normal berdasarkan indikator kehilangan motivasi berada pada kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasikan kepada mahasiswa agar selalu  meminimalisir dan menghilangkan burnout studynya dalam pembelajaran daring sehingga mampu mencapai kesuksesan dalam belajar.

 

Keywrod: Burnout Study, Pembelajaran Daring, Era New Normal

References

Bahrer-Kohler, S. 2012. Burnout for Expert: Prevention in the context of living and working. London: Springer Science & Business Media.

Buheji, M, & Ahmed, D. 2020. Planning Competency In the New Normal-Employability Competency in Post-COVID-19 Pandemic, Business Management: and Strategy, 160-179

Farber, B.A. (1991). Crisis and Education: Stress and Burnout in the American Teacher. San Fransisco: Jossey Bass

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kualitatif dan Kuantitaf). Jakarta: GP Press.

Muchinsky, P.M. 1987. Psychology Applied to Work. 2ed. The Dorsey Press. Chicago llli-nois

Rahman, Adi. 2012. Keefektifan Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Ditinjau dari Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Karakter Peserta Didik SMP. Skrpsi. FMIPA. UNY

Schaufeli, W., & Enzmann, D. 1998. The burnout Companion to Study and Practice: A critical analysis. CRC press.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Rifai, A., & Triyono, T. (2021). Profil Burnout Study Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring di Era New Normal. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6400