Analisis Permasalahan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP N 5 Kota Padang

Authors

  • Batrik Anggraini STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Besti Nora Dwi Putri STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6410

Keywords:

Anak Kebutuhan Khusus, Slow Leaner, Speech Delay

Abstract

Sekolah inklusi merupakan layanan pendidikan yang layak, di sekolah inklusi memungkinkan anak berkebutuhan khusus belajar bersama dengan anak normal lainnya dan diperlakukan selayaknya anak normal lainnya. tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan :1) permasalahan anak berkebutuhan khusus dari slow leaner dan 2) permasalahan anak berkebutuhan khusus dari anak speech delay. penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, adapun informan penelitian ini adalah guru BK sebagai informan kunci dan guru mata pelajaran dan teman dekat anak berkebutuhan khusus sebagai informan tambahan. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, dispalay data dan penarikan kesimpulan.   Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa:1) Anak slow leaner dalam hubungan interpersonal tidak mengalami masalah dan dalam keaktifannya anak tersebut kurang aktif, memiliki prestasi yang rendah. 2) Anak speech delay sulit untuk berkomunikasi secara verbal, sulit menangkap penjelasan yang diberikan oleh guru kecuali melihat gerak bibir.

References

Amini, 2011, Penelitian Pendidikan , Medan , Perdana Publisling.

Desiningrum, Dinie Ratri, 2016, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta, Psikosain

Fernandes, Reno. "Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif." Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education 4.2 (2018): 119-125.

Marheni, Ag Krisna Indah. "Art therapy bagi anak slow learner." Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia 1 (2017)

Nadwa, 2013. Pelaksanaan Terapi wicara dan Terapi Sensori Integrasi Pada Anak Terlambat Bicara.7(1), 22-23.

Rahayu, Elisa, Intan Widyaningsih, and Bayu Adi Laksono. "Problematika Keterlambatan Bicara dan Gagap Pada Anak Usia 6 Tahun." Jurnal Pendidikan Modern 5.2 (2020): 63-71.

Taseman, Taseman, et al. "Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya." JECED: Journal of Early Childhood Education and Development 2.1 (2020): 13-26.

Ulva, Maria, and Rizki Amalia. "Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusif." Journal on Teacher Education 1.2 (2020): 9-19.

Downloads

Published

2021-09-03

How to Cite

Anggraini, B., & Dwi Putri, B. N. (2021). Analisis Permasalahan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi SMP N 5 Kota Padang. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 149–157. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6410