Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam

Authors

  • Wike Karisma STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Septya Suarja STKIP PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman STKIP PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6538

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara objektif tentang pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian ini ada 134 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Dari hasil perhitungan diperoleh sampel sebanyak 57 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Untuk menganalisis data digunakan rumus regresi linear sederhana guna untuk melihat pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Hasil penelitian diperoleh: 1) Gambaran komunikasi interpersonal berada pada kategori baik 2) Gambaran prestasi belajar pada kategori sangat tinggi 3) Pengaruh komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar peserta didik berdasarkan uji regresi sebesar 0,119 x 100% atau 11,9%. Berdasarkan temuan penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada peserta didik untuk dapat mempertahankan kemampuan komunikasi interpersonal serta meningkatkan prestasi belajar.

References

Aziz. 2018. Kontribusi Lingkungan Belajar dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Tarbiyah. Vol 25. No 2. Hal 7-8.

Devito, Joseph A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Tanggerang Selatan. Kharisma Publishing Group.

Fitria, Awaludin. (2014). Pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal Terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Mantik Penusa. Vol 15. No 1. Hal 2.

Hamdu, Ghullam, dkk. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.Vol. 12 No. 1. Hal 83.

Hermawan, A dan Husna L. 2017. Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitaif. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Suryani dan Hendryadi. 2016. Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sapril. 2011. Komunikasi Interpersonal Pustakawan. Jurnal Iqra’. Vol 5. No 1. Hal 6-11.

Syafi’i, Ahmad, dkk. 2018. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 2. No 2. Hal 188-120.

Thaib, Eva Nauli. 2013. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Didaktika. Vol XIII. No 2. Hal 384-399.

Utami, Yulia. 2016. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Swasta PGRI 58 Tanjung Morawa. Jurnal Mantik Penusa. Vol 20. No 1. Hal 6-13.

Waryani. 2021. Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar. Indramayu: Adanu Abimata.

Weningtyas, Enggarayu, dkk. 2012. Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Psikologika. Vol 17. No 1. Hal 17-26.

Yusuf, Muri. 2007. Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Karisma, W., Suarja, S., & Imelda Usman, C. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Jurnal Wahana Konseling, 4(2), 172–185. https://doi.org/10.31851/juang.v4i2.6538